Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia dirumuskan berdasarkan SN DIKTI dan KKNI. Terdapat 4 unsur yakni Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus.
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Bekerjasama dan memilki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyrakat dan bernegara
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menunjukkan sikap jujur, orisinial, semangat dan santun sebagai bagian dari sikap PENS
- Selalu belajar untuk memperbaharui dan meningkatkan disiplin ilmu rekayasa multimedia dalam pengembangan keilmuan dan produk terapan yang tepat guna
- Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek multimedia interaktif, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang multimedia interaktif
- Menguasai pengetahuan tentang konsep desain, proses, dan produksi multimedia menggunakan standar produksi multimedia
- Menguasai prinsip perancangan algoritma dan bahasa pemrograman dengan didukung algoritma dan logika yang terstruktur serta prinsip penyimpana data berdasarkan standar yang berlaku serta penerapannya pada media teknologi mutakhir berbasis komputer, perangkat mobile dan jaringan.
- Menguasai konsep perancangan dan pengembangan perangkat lunak berbasis dekstop, website atau mobile yang berdiri sendiri atau terhubung melalui jaringan dalam bidang multimedia
- Menguasai konsep teoritis untuk pengembangan, perancangan dan pengelolaan serta inovasi pada bidang multimedia interaktif untuk memenuhi tuntutan kualifikasi dunia usaha dan industri
- Menguasai pengetahuan tentang SOP produksi pada bidang multimedia interaktif, aktivitas laboratorium, studio, dan K3
- Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang multimedia desain dan interaktif, serta menganalisa data dan media dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang multimedia
- Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
- Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang multimedia interaktif didasarkan pada pemikiran logis, kreatif, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri
- Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
- Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta mampu melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan pada bidang multimedia interaktif yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi pekerjaan pada bidang multimedia interaktif yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
- Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan ke dalam prosedur dan praktek desain, proses, dan produksi multimedia, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, trouble shooting dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang multimedia interaktif berdasarkan teorema yang bersesuaian
- Mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah multimedia interaktif menggunakan standar produksi multimedia dengan memperhatikan faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, K3, dan lingkungan
- Mampu merancang dan merealisasikan sistem integrasi dari multimedia desain dan interaktif yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar produksi multimedia dengan memperhatikan faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, K3, dan lingkungan
- Mampu membuat, merancang, dan menerapkan teknologi komputer, internet dan multimedia untuk melakukan inovasi memenuhi tuntutan dunia usaha dan industri
- Mampu merancang dan membuat perangkat lunak berbasis dekstop, website atau mobile yang berdiri sendiri atau terhubung melalui jaringan dalam bidang multimedia interaktif
- Mampu melakukan pengujian produksi multimedia interaktif berdasarkan prosedur dan standar produksi multimedia untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan
- Mampu menggunakan perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan dalam bidang multimedia interaktif
- Mampu menunjukkan sikap dan karakter yang mencerminkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan memiliki kesadaran akan kepentingan bangsa dan negara
- Mampu berfungsi secara efektif sebagai anggota serta pemimpin tim, menunjukkan kinerja yang mandiri, berkualitas dan terukur berdasarkan standar kompetensi kinerja pada bidang keahliannya dengan memenuhi aspek keamanan, kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan, serta mampu mengkomunikasikan kinerjanya secara efektif baik secara lisan maupun tertulis
- Menerapkan pengetahuan, teknik, keterampilan, dan metode/tool matematika, sains, teknik, serta teknologi modern untuk memecahkan masalah keteknikan sesuai dengan disiplin ilmu yang mendorong adanya kemampuan pengembangan diri dan belajar sepanjang hayat
- Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dengan menunjukkan sikap jujur, orisinial, semangat dan santun sebagai bagian dari sikap PENS dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni yang menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya
- Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang multimedia didasarkan pada pemikiran logis, kreatif, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat
- Mampu beradaptasi, berkomunikasi, serta memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama di dalam maupun di luar lembaganya dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global
- Menguasai konsep teoritis dan kreatifitas untuk perencanaan dan pengembangan konten kreatif pada bidang multimedia untuk memenuhi tuntutan kualifikasi dunia usaha dan industri serta mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Mampu menguasai konsep perancangan dan pengembangan perangkat lunak berbasis dekstop, website atau mobile dengan menerapkan algoritma dan bahasa pemrograman logika yang terstruktur serta prinsip penyimpanan data berdasarkan standar yang berlaku dan dapat memenuhi kebutuhan khusus untuk masalah rekayasa yang didefinisikan secara luas yang sesuai dengan disiplin ilmu.
- Mampu menguasai konsep jaringan komputer dan mengimplementasikan ke perangkat lunak berbasis dekstop, website atau mobile yang berdiri sendiri atau terhubung melalui jaringan dalam bidang multimedia.
- Menguasai pengetahuan tentang konsep desain, proses, dan produksi multimedia interaktif menggunakan standar produksi yang sesuai dengan kebutuhan industri dalam menyelesaikan pekerjaan pada bidang multimedia desain dan interaktif, serta menganalisa data dan media dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang multimedia
- Mampu menguasai pengetahuan tentang SOP produksi pada bidang multimedia, penggunaan perangkat lunak, aktivitas laboratorium, dan studio, serta mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya.
- Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan pengujian produk multimedia untuk melakukan proses supervisi dan evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dan bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.